Mengenal Modify Tools

saya mencoba menunjukkan bagaimana pentingnya menggunakan file template. Meski banyak trik yang mungkin belum familiar bagi pemula, saya rasa sekarang anda mulai memahami pentingnya penggunaan template. Template dapat sangat mempermudah setup awal, dan dapat menjaga standard. Meski drafter baru, jika ia ditunjukkan styles dan reusable contents yang dapat ia pakai, ia dapat langsung mulai bekerja. Selain itu, tujuan saya menggunakan beberapa tools itu untuk sedikit refreshing. Agar tidak terlalu jenuh, dan mudah-mudahan lebih termotivasi🙂 Sekarang kita kembali ke bagian yang membosankan. Belajar ke dasar, menggunakan modify tools.

Modify Tools adalah kumpulan tools untuk melakukan berbagai perubahan atau manipulasi terhadap bentuk geometri yang ada. Seringkali lebih cepat jika kita menggambar objek dengan beberapa garis bantu, lalu melakukan modifikasi. Daripada berusaha menggambar dengan benar dari awal.

Modify tools dapat digunakan secara noun-verb selection ataupun verb-noun selection. Noun-verb berarti anda memilih objek dulu, baru mengaktifkan tool. Verb-noun berarti anda mengaktifkan tool dulu baru memilih objek. Tidak semua tools dapat menggunakan noun-verb selection. Meski ini mungkin kebiasaan dari penggunaan software Windows compliant lainnya. (Anda harus memilih teks dulu sebelum mengkopinya di Word bukan?).

Berikut adalah modify tools yang dapat anda gunakan. Baik melalui toolbar ataupun melalui panel di ribbon bar.

modify tools.jpg

modify panel.jpg

Sama seperti tutorial penggunaan tools untuk drawing, saya tidak akan membahas secara detail setiap tools. Cara penggunaannya pada dasarnya sama dengan drawing tools.

Misalkan untuk copy. Berikut adalah langkah-langkah yang anda lakukan:

Command: _copy
Select objects: Specify opposite corner: 4 found

Select objects:
Current settings: Copy mode = Multiple
Specify base point or [Displacement/mOde] <Displacement>: Specify second point
or <use first point as displacement>: 1200

Specify second point or [Exit/Undo] <Exit>:

Sama seperti saat menggunakan drawing tools, anda mengaktifkan tools, dan mengikuti langkah-langkah yang diminta oleh AutoCAD. Pada contoh ini:

  1. Mengaktifkan tool
  2. Memilih objek (lebih detail untuk pemilihan objek
  3. Mendefenisikan titik acuan
  4. Menekan [enter] untuk mengakhiri tool.

Pada dasarnya hampir semua modify tools mengikuti alur pertanyaan di command line (atau dynamic input). Hanya array yang membutuhkan anda mengisi melalui kotak dialog.

array dialog.jpg

Di dialog ini, anda juga melakukan hal yang sama. Anda memilih objek, mendefenisikan jarak (dengan titik acuan ataupun mengisi nilainya), dan parameter lainnya. Anda dapat mengklik pada layar, dengan mengklik tombol berikut.

pick button.jpg

Silahkan dicoba-coba sendiri modify tools yang ada. Jika anda ingin penjelasan dari help, aktifkan modify tools yang anda inginkan, lalu tekan [F1]. Kita akan mencoba beberapa modify tools di latihan kelak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s